Jumat, 01 Juli 2011

5 Pencetak Gol Terbanyak pada Piala Dunia Wanita

Perhelatan final Piala dunia Wanita kini tengah berlangsung di Jerman. Babak final pada 2011 merupakan yang keenam kalinya. Selama lima gelaran terdahulu belum ada pemain yang mampu mencatatkan diri menjadi pencetak gol terbanyak secara beruntun. Berikut lima pencetak gol Piala dunia Wanita. Berikut adalah 5 pencetak gol wanita pertama:

1. Michelle Akkers (Amerika Serikat)
Mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak pada putaran final Piala dunia Wanita yang untuk pertama kalinya di Cina pada 1991. dari enam pertandingan yang dijalaninya bersama tim Amerika Serikat di putaran final Michelle Akkers mampu menciptakan 10 gol, dua diantaranya diciptakan di partai final saat mengalahkan Norwegia 2-1


Michelle Akkers (Sumber: cdn.bleacherreport.net)

2. Ann Kristin Aarones (Norwegia)
Pada putaran final Piala dunia Wanita untuk keduakalinya di Swedia 1995, dominasi Amerika Serikat mulai menurun. Sebaliknya Norwegia yang diperhelatan pertama hanya mampu menjadi runner-up tampil lebih baik. Selain memastikan merebut juara, Norwegia juga menempatkan Ann Kristin Aarones sebagai pencetak gol terbanyak dengan 6 gol. Sayangnya di final saat mengalahkan Jerman 2-0, Ann gagal menciptakan gol.


Michelle Akkers & Ann Kristin Aarones (sumber: iffhs-media.de)

3. Sissi (Brasil) dan Sun Wen (Cina)
Untuk pertamakalinya gelar pencetak gol terbanyak direbut dua pemain sekaligus kala putaran final dilangsungkan di Amerika Serikat 1999. Sissi dari Brasil dan Sun Wen (Cina) sama-sama mencetak 7 gol . Hanya tidak seperti di dua perhelatan sebelumya pencetak gol terbanyak berasal dari Negara yang merebut gelar juara, karena di final Cina kalah dari Amerika Serikat melalui adu penalti 4-5.


Sun Wen (Sumber: theprisma.co.uk)


Sissi (Sumber: fifa.com)

4. Brigit Prinz (Jerman)
Kembali pada sejarah dua putaran pertama, gelar pencetak gol terbanyak diraih pemain yang juga negaranya keluar sebagai kampiun. Kali ini Jerman mencatatkan sejarah menjadi Juara Piala dunia Wanita 2003 di Amarika Serikat. Jerman juga menempatkan sang kapten Brigit Prinz sebagai top skor dengan tujuh gol. Tapi Prinz gagal menciptakan gol di final saat Jerman menang atas Swedia 2-1.


Brigit Prinz (Sumber: zimbio.com)

5. Marta (Brasil)
Keinginan Brasil mencatat sejarah menjuarai Piala dunia Wanita pada gelaran 2007 di Cina dipatahkan Jerman difinal dengan skor 0-2. Namun striker mereka, Marta menyelamatkan muka tim Samba dengan memberi gelar hiburan sebagai pencetak gol terbanyak dengan 7 gol. (**)


Marta (sumber: alagoas24horas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar